Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta (Bangkespol Prov DKI Jakarta) Gelar Acara Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik untuk Kesetaraan Gender

Jakarta Pusat, Kamis, 8 Desember 2022 – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta (Bangkespol Prov DKI Jakarta) menggelar acara berjudul “Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik untuk Kesetaraan Gender”. Acara ini dilangsungkan di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, sebagai upaya untuk memperkuat peran perempuan dalam arena politik serta meningkatkan kesetaraan gender di bidang politik.

Sebagai pembicara utama dalam acara tersebut, dihadirkan Muhammar Amin, seorang akademisi dengan latar belakang pendidikan doktor dari IEF Trisakti dan UIN Raden Intan Lampung. Dalam paparannya, Muhammar Amin menyoroti pentingnya keterwakilan perempuan di bidang politik, khususnya di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta.

Muhammar Amin menegaskan bahwa keterlibatan perempuan dalam politik harus menjadi fokus utama. Ia mengajukan target ambisius untuk mencapai keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di DPRD Provinsi DKI Jakarta. Menurutnya, hal ini penting untuk mengatasi ketidakseimbangan gender yang masih terjadi di dunia politik.

“Kita harus bersama-sama merangkul lebih banyak perempuan untuk terlibat aktif dalam politik. Keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di DPRD Provinsi DKI Jakarta bukanlah impian yang tidak dapat dicapai. Saatnya perempuan berbicara dan beraksi di tingkat legislatif,” ujar Muhammar Amin.

Lebih lanjut, Muhammar Amin juga menyoroti pentingnya kemampuan perempuan untuk berkompetisi dalam mendapatkan dukungan dari warga DKI Jakarta. Ia menyatakan bahwa perempuan harus mampu bersaing dengan pria dalam meraih dukungan masyarakat. Oleh karena itu, perempuan perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang kebijakan publik dan solusi untuk isu-isu penting di wilayah tersebut.

“Perempuan harus memiliki visi yang kuat dan kredibel dalam politik. Mereka harus bisa membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang setara dengan pria dalam mewakili aspirasi masyarakat. Kita perlu meyakinkan warga DKI Jakarta bahwa calon legislatif perempuan memiliki kapabilitas yang sama,” tambah Muhammar Amin.

Dalam acara tersebut, Muhammar Amin juga menekankan pentingnya dukungan dari masyarakat untuk calon legislatif perempuan. Ia mengingatkan bahwa perempuan memiliki peran krusial dalam menyuarakan berbagai isu penting, termasuk yang berkaitan dengan kesetaraan gender, kesejahteraan keluarga, dan pemberdayaan perempuan.

Dengan tema “Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik untuk Kesetaraan Gender”, acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan kuat bagi perempuan untuk terlibat aktif dalam politik dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan perubahan positif di DKI Jakarta. Melalui diskusi dan dialog, diharapkan juga bahwa calon legislatif perempuan akan semakin percaya diri dan siap untuk bersaing dalam arena politik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *