Pertumbuhan Drastis Jumlah Muslim Setelah 2 Tahun Hijrah Nabi Muhammad SAW

Pada Jumat, 17 Muharram 1445 H (4 Agustus 2023), Andy Azisi Amin menyampaikan sebuah khutbah Jumat di Masjid Baitul Muttaqien yang terletak di komplek Pertamina, Jl. Arun VI RW No. 6 RT.06/RW.4, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Dalam khutbahnya, Andy Azisi Amin menggambarkan mengapa jumlah muslim meningkat secara drastis setelah 2 tahun Hijrah Nabi Muhammad SAW.

Pertumbuhan signifikan ini dapat dijelaskan dengan berbagai faktor, di antaranya:

  1. Rahmat Allah SWT: Ayat Al-Quran Surah An-Nur (24:20) menyatakan, “Dan jika Allah tidak menolong kamu, maka tidak ada yang dapat menolong kamu selain daripada-Nya. Dan Allah benar-benar menolong orang-orang yang beriman.” Pertolongan Allah atas umat Islam setelah 2 tahun Hijrah Nabi Muhammad SAW merupakan bukti nyata dari kasih sayang-Nya terhadap hamba-Nya yang setia.
  2. Keutamaan Perjuangan dan Kesabaran: Surah Al-Baqarah (2:155) mengingatkan, “Dan sesungguhnya kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” Perjuangan dan kesabaran umat Islam dalam menghadapi berbagai cobaan pada awal masa hijrah telah menarik simpati dan perhatian banyak orang, mendorong mereka untuk memeluk agama Islam.
  3. Dakwah yang Bersahaja: Nabi Muhammad SAW senantiasa menyampaikan dakwah dengan penuh keikhlasan dan kesederhanaan. Hal ini tercermin dalam Al-Quran Surah Al-Isra’ (17:107), “Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) kecuali untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.” Kehidupan Rasulullah yang jujur, tulus, dan bersahaja menjadikan agama Islam menarik bagi banyak orang yang mencari kebenaran.
  4. Kesaksian Para Sahabat: Sahabat-sahabat Nabi yang telah menyaksikan langsung keutamaan Islam dan keteladanan Nabi Muhammad SAW, menjadi saksi hidup yang kuat tentang kebenaran ajaran Islam. Kesaksian mereka menyebar secara luas dan menarik banyak orang untuk mengenal dan mengikuti ajaran Islam.

Pertumbuhan drastis jumlah muslim setelah 2 tahun Hijrah Nabi Muhammad SAW adalah buah dari upaya dakwah yang gigih, bimbingan Allah SWT, dan kesaksian para sahabat. Semoga ajaran Islam tetap menjadi cahaya bagi banyak orang dan membawa kedamaian serta kebahagiaan dalam kehidupan mereka. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *