Standar FIFA di Jakarta Internasional (JIS), siapa yang benar ?

Jakarta, 5 Juli 2023 – Penilaian terhadap Stadion Jakarta Internasional (JIS) mengundang perdebatan hangat di kalangan penggemar sepak bola dan pemerintahan. Pihak Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, mengakui bahwa stadion tersebut sesuai dengan standar FIFA, tetapi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengandeng ahli rumput SEA Games dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan tinjauan langsung. Hasilnya, mereka menyatakan bahwa stadion JIS tidak memenuhi standar FIFA. Kontroversi muncul ketika Ketua PSSI tidak melibatkan FIFA dalam penilaian tersebut.

Menurut pihak Anies Baswedan, JIS telah dibangun dan direnovasi sesuai dengan panduan FIFA untuk stadion internasional. Dalam pernyataannya, Gubernur Jakarta mengklaim bahwa stadion tersebut memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola tingkat internasional. Anies menambahkan bahwa pihaknya telah mempekerjakan para ahli dan konsultan yang berpengalaman dalam membangun stadion bertaraf internasional.

Namun, PSSI bersikeras bahwa stadion JIS masih jauh dari memenuhi standar FIFA. Mereka mengandeng ahli rumput yang sebelumnya terlibat dalam pembangunan stadion untuk SEA Games dan juga mengajak Kementerian PUPR untuk ikut serta dalam tinjauan langsung. Ahli rumput SEA Games menyoroti beberapa aspek yang dianggap tidak sesuai dengan standar FIFA, termasuk sistem drainase yang kurang optimal dan permukaan rumput yang tidak memadai.

Pihak PSSI juga menimbulkan pertanyaan mengapa FIFA tidak dilibatkan dalam tinjauan langsung tersebut. Ketua PSSI, dalam pernyataannya, menjelaskan bahwa FIFA tidak diikutsertakan karena mereka ingin mendapatkan pandangan independen dari ahli dalam negeri. PSSI juga berkomitmen untuk memenuhi standar internasional, dan oleh karena itu, meminta ahli dalam negeri untuk memberikan penilaian objektif atas stadion tersebut.

Perdebatan ini memunculkan spekulasi bahwa ada pertarungan kepentingan di balik penilaian stadion JIS. Pihak Anies Baswedan didukung oleh sejumlah pihak yang percaya bahwa stadion tersebut telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan FIFA. Sementara itu, PSSI mendapatkan dukungan dari beberapa kalangan yang meragukan kualitas stadion tersebut.

Kontroversi mengenai penilaian stadion JIS ini masih berlanjut, dan diharapkan akan ada langkah-langkah lebih lanjut untuk mengklarifikasi dan menyelesaikan perbedaan pendapat. Sementara itu, pihak terkait diharapkan dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa stadion JIS memenuhi semua standar yang ditetapkan FIFA, sehingga Indonesia dapat menjadi tuan rumah turnamen sepak bola internasional dengan prestise yang tinggi.

Detiksnew.com akan terus memantau perkembangan kasus ini dan memberikan informasi terbaru kepada pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *