Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Berkunjung ke Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) untuk Membangun Kerjasama

Putrajaya, Malaysia, 14 September 2023 – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN Raden Intan) mengadakan kunjungan hormat ke Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dengan tujuan memperkuat kerjasama antar lembaga pendidikan tinggi. Kunjungan ini disambut oleh dewan senat USIM dan berlangsung di Aras 3, Bangunan Canselori USIM.

Kunjungan ini merupakan langkah penting dalam mempererat hubungan antara kedua universitas yang memiliki fokus pada pendidikan dan penelitian dalam konteks Islam. Fauziah Hasan, Pengarah USIM, menyambut kunjungan tersebut dengan antusiasme dan menyatakan keyakinannya bahwa kerjasama antara USIM dan UIN Raden Intan dapat menjadi bagian integral dalam pengembangan kepakaran di bidang pendidikan Islam.

Dalam sambutannya, Fauziah Hasan mengungkapkan, “Kerjasama ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi. Kami berharap dapat menjalin kemitraan yang erat dalam berbagai bidang.”

Ruslam Ghafur, Direktur Program Pasca Sarjana UIN Raden Intan, membuka pidato dengan balasan pantun yang kreatif, mencerminkan semangat kerjasama yang hangat. Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan penting.

Pertama, adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua universitas. MoU ini akan memberikan kerangka kerja resmi untuk kerjasama yang lebih mendalam di masa mendatang.

Kedua, adalah pengenalan program doktor baru, yaitu Program Doktor Pengembangan Masyarakat Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Program ini diharapkan akan memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dan masyarakat Islam.

Ketiga, adalah pembicara tamu dan penguji dari luar kampus atau bahkan luar negeri. Hal ini akan membantu memperkaya pengalaman belajar dan riset mahasiswa serta meningkatkan mutu pendidikan di kedua universitas.

Keempat, adalah pengabdian masyarakat. Ruslam Ghafur menyampaikan bahwa kerjasama ini juga akan memungkinkan kedua universitas untuk bersama-sama terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, yang akan memberikan manfaat langsung bagi komunitas sekitar.

Kunjungan ini tidak hanya menciptakan peluang untuk pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya antara kedua negara, tetapi juga memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia. Kerjasama ini diharapkan akan membuka pintu bagi proyek-proyek penelitian bersama, pertukaran pelajar, dan kegiatan akademik lainnya yang akan membawa manfaat besar bagi kedua universitas.

Dalam suasana yang penuh semangat dan persahabatan, kunjungan ini menandai langkah awal yang penting dalam membangun kemitraan yang kuat dan berkelanjutan antara UIN Raden Intan dan USIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *